PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)
Hari Widiyatmini - Personal Name (Pengarang)
Laporan Penelitian Dosen
2025
Bekasi : Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
Abstrak
Anak usia sekolah merupakan tahapan perkembangan psikososial yang berada pada tahap Industry vs Inferiority.
Tahap perkembangan anak usia sekolah jika tidak tercapai akan menimbulkan perilaku yang menyimpang.
Perilaku agresif adalah perilaku menyimpang yang dapat timbul jika perkembangan anak usia sekolah tidak
tercapai secara optimal. Latihan asertif merupakan intervensi keperawatan yang dapat mencegah timbulnya
perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan dan kemampuan asertif pada
anak sekolah setelah diberikan terapi kelompok terapeutik, psikoedukasi keluarga dan latihan asertif. Desain
penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment yang melibatkan 40 anak usia sekolah. Hasil menunjukkan
bahwa adanya peningkatan perkembangan dan kemampuan asertif anak usia sekolah secara bermakna setelah
diberikan terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah, psikoedukasi keluarga, dan latihan asertif lebih tinggi
secara bermakna dibandingkan pada kelompok lain (pvalue < 0.05). Terapi kelompok terapeutik anak sekolah,
psikoedukasi keluarga dan latihan asertif direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan tugas
dan aspek perkembangan anak usia sekolah untuk peningkatan kesehatan jiwa.
Kata Kunci : Anak usia sekolah, Latihan asertif, Kemampuan asertif, Perkembangan anak usia sekolah,
Psikoedukasi keluarga, Terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah.
Detail Information
Bagian
Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Hari Widiyatmini
Pengarang
Hari Widiyatmini - Personal Name (Pengarang)
Edisi
Publish
No. Panggil
LPD 116 2025
Subyek
Psikoedukasi keluarga Terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah
Klasifikasi
LPD 116 2025
Judul Seri
GMD
Laporan Penelitian Dosen
Bahasa
Penerbit
Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
Tahun Terbit
2025
Tempat Terbit
Bekasi
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Citation
APA Style
Hari Widiyatmini . (2025).
PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL) (Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
Chicago Style
Hari Widiyatmini .
PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL) (Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Laporan Penelitian Dosen
MLA Style
Hari Widiyatmini .
PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL) (Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Laporan Penelitian Dosen
Turabian Style
Hari Widiyatmini .
PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL) (Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Laporan Penelitian Dosen