Detail Cantuman

PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)

PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)


Abstrak

Anak usia sekolah merupakan tahapan perkembangan psikososial yang berada pada tahap Industry vs Inferiority.
Tahap perkembangan anak usia sekolah jika tidak tercapai akan menimbulkan perilaku yang menyimpang.
Perilaku agresif adalah perilaku menyimpang yang dapat timbul jika perkembangan anak usia sekolah tidak
tercapai secara optimal. Latihan asertif merupakan intervensi keperawatan yang dapat mencegah timbulnya
perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan dan kemampuan asertif pada
anak sekolah setelah diberikan terapi kelompok terapeutik, psikoedukasi keluarga dan latihan asertif. Desain
penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment yang melibatkan 40 anak usia sekolah. Hasil menunjukkan
bahwa adanya peningkatan perkembangan dan kemampuan asertif anak usia sekolah secara bermakna setelah
diberikan terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah, psikoedukasi keluarga, dan latihan asertif lebih tinggi
secara bermakna dibandingkan pada kelompok lain (pvalue < 0.05). Terapi kelompok terapeutik anak sekolah,
psikoedukasi keluarga dan latihan asertif direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan tugas
dan aspek perkembangan anak usia sekolah untuk peningkatan kesehatan jiwa.
Kata Kunci : Anak usia sekolah, Latihan asertif, Kemampuan asertif, Perkembangan anak usia sekolah,

Psikoedukasi keluarga, Terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Hari Widiyatmini
Pengarang Hari Widiyatmini - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil LPD 116 2025
Subyek Psikoedukasi keluarga
Terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah
Klasifikasi LPD 116 2025
Judul Seri
GMD Laporan Penelitian Dosen
Bahasa
Penerbit Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
Tahun Terbit 2025
Tempat Terbit Bekasi
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Hari Widiyatmini. (2025).PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga

Hari Widiyatmini.PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Laporan Penelitian Dosen

Hari Widiyatmini.PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Laporan Penelitian Dosen

Hari Widiyatmini.PENERAPAN TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT), PSIKOEDUKASI KELUARGA DAN LATIHAN ASERTIF TERHADAP PERKEMBANGAN DAN KEMAMPUAN ASERTIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN MODEL ADAPTASI STRESS STUART DAN TEORI PENDER (HEALTH PROMOTION MODEL)(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Laporan Penelitian Dosen

 



Homepage Info

Welcome To REPOSITORY STIKES MITRA KELUARGA Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet