Detail Cantuman

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PROFESI NERS

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PROFESI NERS


ABSTRAK

Latar Belakang: Mahasiswa Pendidikan Keperawatan Profesi Ners adalah program pendidikan
tinggi yang dapat menghasilkan lulusan keperawatan yang memiliki perspektif, keterampilan,
perilaku, dan kemampuan profesional untuk melaksanakan asuhan keperawatan dasar hingga asuhan
keperawatan yang rumit secara mandiri. Mahasiswa pendidikan keperawatan di tingkat akademik
akan memperoleh pengetahuan dan konsep, sedangkan mahasiswa yang menempuh pendidikan
keperawatan di tingkat profesi akan menggunakan pengetahuan dan konsep yang mereka peroleh di
tingkat akademik. Stres adalah istilah yang berasal dari kata latin “stingere” yang berarti “keras”
(stricus). Istilah tersebut telah berubah seiring dengan perkembangan penelitian terus menerus dari
waktu ke waktu dari straise, strest, stresce dan stres. Pada abad ke -17, istilah stres didefinisikan
sebagai penderitaan, kesusahan, kesulitan atau penderitaan. Pada abad ke -18, istilah ini digunakan
secara lebih umum untuk merujuk pada kekuatan, tekanan, ketegangan, atau konsentrasi Metode:
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode cross-sectional. Sampel
penelitian ini berjumlah 88 responden yang diambil dengan Simple random sampling. Pengambilan
data menggunakan non probability sampling kuesioner yang digunakan DASS dan Motivasi belajar
lalu diuji dengan uji Fisher Exact test. Uji validitas dilakukan pada 40 mahasiswa STIKes Abdi
Nusantara dengan hasil kuesioner Depression Anxiety Stress Scale (DASS) sebanyak 10 item
pertanyaan valid , kuesioner motivasi belajar sebanyak 23 item pertanyaan valid. Hasil: penelitian
ini didapatkan p-value 0.001 ≤ 0.05 diartikan bahwa terdapat hubungan. Kesimpulan: penelitian
ini terdapat hubungan antara tingkat stres dengan motivasi belajar pada Mahasiswa Keperawatan
Profesi Ners
Kata Kunci: Profesi Ners; Stres; Motivasi Belajar


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Muhammad Fathan Mubina
Pengarang Muhammad Fathan Mubina - Personal Name (Pengarang)
Ns. Muhammad Chaidar, M.Kep - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Ns. Renta Sianturi, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi Publish
No. Panggil S1.KEP 436 2024
Subyek stress
Klasifikasi S1.KEP 436 2024
Judul Seri
GMD Skripsi S1 Keperawatan
Bahasa
Penerbit Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit Bekasi
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :
stress

Citation

Muhammad Fathan Mubina. (2024).HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PROFESI NERS(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga

Muhammad Fathan Mubina.HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PROFESI NERS(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2024.Skripsi S1 Keperawatan

Muhammad Fathan Mubina.HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PROFESI NERS(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2024.Skripsi S1 Keperawatan

Muhammad Fathan Mubina.HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PROFESI NERS(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2024.Skripsi S1 Keperawatan

 



Homepage Info

Welcome To REPOSITORY STIKES MITRA KELUARGA Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet