PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KEBUTUHAN VITAMIN A PADA SISWA SDN MARGAHAYU 01 KOTA BEKASI
ABSTRAK
Pendahuluan: Secara global terdapat 5,17 juta anak prasekolah mengalami rabun senja dan 190
juta memiliki serum retinol yang rendah. Prevalensi kekurangan vitamin A di Asia Selatan dan
Afrika sub-Sahara tergolong tinggi yaitu sebesar 47% dan 45%. Cakupan kapsul vitamin A yang
diterima anak 6-59 bulan dalam 12 bulan terakhir di tingkat provinsi pada tahun 2018 terdapat 17,6%
anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan kapsul vitamin A. Penelitian mengenai kebutuhan
vitamin A pada anak usia sekolah penting dilakukan karena ada kekhawatiran bahwa rendahnya
cakupan kapsul vitamin A pada usia balita dapat berdampak negatif pada kebutuhan vitamin A pada
anak usia sekolah. Program pemberian kapsul vitamin A pada usia balita memiliki cakupan yang
rendah, maka terdapat risiko bahwa anak-anak pada kelompok usia ini tidak akan mendapatkan
jumlah vitamin A yang cukup selama masa perkembangan mereka, bahkan saat mereka memasuki
usia sekolah. Melalui penelitian mengenai kebutuhan vitamin A pada anak usia sekolah, studi ini
dapat memberikan landasan ilmiah untuk menginformasikan program-program kesehatan dan
tindakan intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan anak usia
sekolah.
Metode: Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode experiment dengan rancangan
desain penelitian yaitu pre-experimental with one group pretest and posttest design untuk
mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui media video animasi terhadap pengetahuan dan sikap
mengenai kebutuhan vitamin A pada siswa SDN Margahayu 01 Kota Bekasi.
Hasil: Dalam analisis statistik, dilakukan uji Wilcoxon untuk mengevaluasi pengetahuan dengan pvalue sebesar 0,00005, dan uji paired T-test Dependen digunakan untuk menguji sikap dengan pvalue sebesar 0,025.
Kesimpulan: Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan
sikap anak-anak usia sekolah mengenai kebutuhan vitamin A setelah mereka menerima edukasi gizi
melalui media video animasi.
Kata Kunci : Defisiensi Vitamin A, Edukasi Gizi, Pengetahuan dan Sikap
Detail Information
Citation
FAKHRIA SYAFIDAWATI. (2023).
PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KEBUTUHAN VITAMIN A PADA SISWA SDN MARGAHAYU 01 KOTA BEKASI(Publish).Bekasi:Prodi S1 Gizi STIKes Mitra Keluarga
FAKHRIA SYAFIDAWATI.
PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KEBUTUHAN VITAMIN A PADA SISWA SDN MARGAHAYU 01 KOTA BEKASI(Publish).Bekasi:Prodi S1 Gizi STIKes Mitra Keluarga,2023.Skripsi S1 Gizi
FAKHRIA SYAFIDAWATI.
PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KEBUTUHAN VITAMIN A PADA SISWA SDN MARGAHAYU 01 KOTA BEKASI(Publish).Bekasi:Prodi S1 Gizi STIKes Mitra Keluarga,2023.Skripsi S1 Gizi
FAKHRIA SYAFIDAWATI.
PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KEBUTUHAN VITAMIN A PADA SISWA SDN MARGAHAYU 01 KOTA BEKASI(Publish).Bekasi:Prodi S1 Gizi STIKes Mitra Keluarga,2023.Skripsi S1 Gizi