HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET, POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM AL-HIDAYAH CIKARANG UTARA
ABSTRAK
Latar Belakang: Perkembangan teknologi mengalami kemajuan salah satunya yang berkembang
adalah gadget, sasaran pemasaran gadget yaitu anak usia prasekolah. Perkembangan teknologi tersebut
menyebabkan peningkatan waktu yang dihabiskan anak-anak di depan gadget yang memungkinkan
berpengaruh pada kesehatan anak dan berpotensi mengalami gangguan perkembangan. Masa depan
anak dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dan bagaimana peran orang tua pada
perkembangan anak. Tujuan: Menganalisis Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget, Pola Asuh
dengan Perkembangan Emosi Anak Usia Prasekolah di TK Islam Al-Hidayah Cikarang Utara. Metode
Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Teknik yang digunakan untuk
pengukuran dalam penelitian ini dengan probability sampling dengan metode simple random
sampling. Sampel penelitian ini adalah 97 siswa/i. Hasil analisis: bivariat menunjukkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan emosi
sub skala kekuatan (p = 0,000), tidak terdapat hubungan yang signifikan pada perkembangan emosi
sub skala kesulitan (p = 0,232). Demikian pula, terdapat hubungan signifikan antara pola asuh dengan
perkembangan emosi sub skala kekuatan (p = 0,000), tidak terdapat hubungan signifikan pada
perkembangan emosi sub skala kesulitan (p = 1,000). Kesimpulan: Hasil ini menunjukkan bahwa
intensitas penggunaan gadget dan pola asuh berkontribusi terhadap regulasi emosi negatif anak,
sementara perilaku ketidakpedulian dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas interaksi sosial dan
teladan orang tua. Saran: Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pengawasan orang tua
terhadap penggunaan gadget serta konsistensi dalam menerapkan pola asuh yang seimbang antara
ketegasan dan kehangatan. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi orang tua, guru, dan
pembuat kebijakan dalam mendukung perkembangan emosi anak usia dini secara optimal.
Kata Kunci: Intensitas Gadget, Pola Asuh, Perkembangan Emosi, Anak Prasekolah
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Selviana |
Pengarang |
Selviana - Personal Name (Pengarang)Ns. Renta Sianturi, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Ns. Ika Juita Giyaningtyas, M.Kep - Personal Name (Ketua Penguji) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
S1.KEP 511 2025 |
Subyek |
pola asuh
|
Klasifikasi |
S1.KEP 511 2025 |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi S1 Keperawatan |
Bahasa |
|
Penerbit |
Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga |
Tahun Terbit |
2025 |
Tempat Terbit |
Bekasi |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Selviana. (2025).
HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET, POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM AL-HIDAYAH CIKARANG UTARA(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
Selviana.
HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET, POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM AL-HIDAYAH CIKARANG UTARA(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Skripsi S1 Keperawatan
Selviana.
HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET, POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM AL-HIDAYAH CIKARANG UTARA(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Skripsi S1 Keperawatan
Selviana.
HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET, POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM AL-HIDAYAH CIKARANG UTARA(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2025.Skripsi S1 Keperawatan