PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR
Upaya pelayanan kesehatan selain memberikan kesembuhan haruslah dapat memberikan kepuasan dalam melayani pasien. Standar pelayanan kefarmasian menjadi tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam
menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Apotek SM Bekasi Timur ditinjau dari kelima dimensi kepuasan yaitu: kehandalan,
ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung pada pelayanan kefarmasian di Apotek SM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan non-eksperimental dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen
penelitian. Kepuasan pasien dapat diukur dengan metode servqual (service quality). Penelitian dilakukan pada 96 responden yang merupakan pasien Apotek SM Bekasi
Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Analisis data bivariat dengan analisis statistik Uji F untuk mengetahui besarnya
pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan dimensi kualitas pelayanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung) berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Apotek SM Bekasi Timur dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 68,764 > Ftabel = 0,432, dimana dimensi jaminan menjadi dimensi dengan persentase kepuasan yang tertinggi sebesar 81,17%.
Kata Kunci: Pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, apotek, servqual, Uji F
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Fahrur Rozi |
Pengarang |
Fahrur Rozi - Personal Name (Pengarang)apt. Dede Dwi Nathalia, S. Si, M. Farm - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)apt. Nora Wulandari, M.Farm - Personal Name (Ketua Penguji) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
S 49 2021 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
S 49 2021 |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi S1 Farmasi |
Bahasa |
|
Penerbit |
Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga |
Tahun Terbit |
2021 |
Tempat Terbit |
Bekasi |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
Fahrur Rozi |
Citation
Fahrur Rozi. (2021).
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga
Fahrur Rozi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi
Fahrur Rozi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi
Fahrur Rozi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi