Detail Cantuman

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR


Upaya pelayanan kesehatan selain memberikan kesembuhan haruslah dapat memberikan kepuasan dalam melayani pasien. Standar pelayanan kefarmasian menjadi tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam
menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Apotek SM Bekasi Timur ditinjau dari kelima dimensi kepuasan yaitu: kehandalan,
ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung pada pelayanan kefarmasian di Apotek SM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan non-eksperimental dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen
penelitian. Kepuasan pasien dapat diukur dengan metode servqual (service quality). Penelitian dilakukan pada 96 responden yang merupakan pasien Apotek SM Bekasi
Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Analisis data bivariat dengan analisis statistik Uji F untuk mengetahui besarnya
pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan dimensi kualitas pelayanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung) berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Apotek SM Bekasi Timur dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 68,764 > Ftabel = 0,432, dimana dimensi jaminan menjadi dimensi dengan persentase kepuasan yang tertinggi sebesar 81,17%.

Kata Kunci: Pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, apotek, servqual, Uji F


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Fahrur Rozi
Pengarang Fahrur Rozi - Personal Name (Pengarang)
apt. Dede Dwi Nathalia, S. Si, M. Farm - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
apt. Nora Wulandari, M.Farm - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi Publish
No. Panggil S 49 2021
Subyek
Klasifikasi S 49 2021
Judul Seri
GMD Skripsi S1 Farmasi
Bahasa
Penerbit Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit Bekasi
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik Fahrur Rozi

  Tags :

Citation

Fahrur Rozi. (2021).PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga

Fahrur Rozi.PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi

Fahrur Rozi.PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi

Fahrur Rozi.PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK SM BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi

 



Homepage Info

Welcome To REPOSITORY STIKES MITRA KELUARGA Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet