Detail Cantuman

ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA DI BEKASI TIMUR

ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA DI BEKASI TIMUR


Kepuasan dalam pelayanan kefarmasian merupakan indikator penting bagi kualitas pelayanan dan memiliki implikasi bagi penyelenggaraan pelayanan lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di salah satu Instalasi Farmasi Rumah Sakit swasta di Bekasi Timur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Pengukuran pelayanan kesehatan (variabel X) menggunakan konsep servqual (dimensi reliability, reponsiveness, assurance, empathy dan tangibles) serta pengukuran kepuasan pasien (variabel Y). Metode pengambilan sampel dengan metode nonprobability sampling dengan cara accidental sampling. Analisis data bivariat dengan analsis statistic uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pasien pada dimensi kehandalan 82,56% sangat puas, ketanggapan 76,93% kategori puas, empati 84,64% sangat puas, jaminan
76,96% kategori puas, dan dimensi bukti langsung 83,33% kategori sangat puas. Uji chi square menghasilkan nilai p reliability 0,002, p responsiveness 0,000, p assurance
0,002, p empathy 0,034, dan p tangible 0,008 < p value (0,05) maka ada hubungan pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dan dimensi empati yang
paling berhubungan terhadap kelima dimensi kualitas pelayanan kefarmasian di salah satu Instalasi Farmasi Rumah Sakit swasta di Bekasi Timur tahun 2021.

Kata kunci: Pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, servqual, instalasi farmasi, rumah sakit swasta, Bekasi timur


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Raju Sumanto
Pengarang Raju Sumanto - Personal Name (Pengarang)
apt. Dede Dwi Nathalia, M.Farm - Personal Name (Pengarang)
apt. Nora Wulandari, M.Farm - Personal Name (Ketua Penguji)
Edisi Publish
No. Panggil S 62 2021
Subyek
Klasifikasi S 62 2021
Judul Seri
GMD Skripsi S1 Farmasi
Bahasa
Penerbit Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit Bekasi
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

Raju Sumanto. (2021).ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA DI BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga

Raju Sumanto.ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA DI BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi

Raju Sumanto.ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA DI BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi

Raju Sumanto.ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI SALAH SATU INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SWASTA DI BEKASI TIMUR(Publish).Bekasi:Prodi S1 Farmasi STIKes Mitra Keluarga,2021.Skripsi S1 Farmasi

 



Homepage Info

Welcome To REPOSITORY STIKES MITRA KELUARGA Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Koleksi

    No Librarian data yet