HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SDN MANGUN JAYA 02 KELAS V DAN VI SELAMA PANDEMI COVID-19
Latar belakang: Pandemi covid-19 memberikan dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan, dampaknya
membuat siswa sekolah pembelajaran jarak jauh, karakter anak sekolah dasar suka bermain dan suka belajar
berkelompok, saat pandemi anak menjadi tidak berinteraksi sosial dengan temannya karena adanya peraturan sosial
distancing, karena kurang berinteraksi sosial dengan temannya anak menjadi kurang bersemangat dalam belajar
menjadi berkurang motivasi belajarnya. Tujuan: Penelitian untuk menganalisis hubungan interaksi sosial terhadap
motivasi belajar anak sekolah dasar kelas V dan VI di SDN Mangun Jaya 02 selama pandemi covid-19. Metode:
Penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional,
populasi dalam penelitian ini adalah kelas V dan VI SDN Mangun Jaya 02 yang berjumlah 120 orang sedangkan
sampelnya 92 orang. Hasil: Hasil analisis univariat sebagian besar siswa kelas V dan VI menunjukan interaksi
tinggi sebanyak 52 siswa (56,5%) dan sebagian besar siswa memiliki motivasi baik sebanyak 47 siswa (51,1%).
Berdasarkan hasil analisis bivariat uji Chi-square didapatkan nilai p-value 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Artinya
terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial terhadap motivasi belajar anak SDN Mangun Jaya 02
kelas V dan VI selama pandemi Covid-19.
Kata kunci: Interaksi sosial, Motivasi belajar, Anak usia sekolah dasar
Tahun referensi 2013-2022
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
YONA RAMANDITA |
Pengarang |
YONA RAMANDITA - Personal Name (Pengarang)Ns. Ratih Bayuningsih, M,Kep - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Ns. Yeni Iswari S.Kep., M.Kep., Sp. Kep.An - Personal Name (Ketua Penguji) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
S 239 2022 |
Subyek |
|
Klasifikasi |
S 239 2022 |
Judul Seri |
|
GMD |
Skripsi S1 Keperawatan |
Bahasa |
|
Penerbit |
Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga |
Tahun Terbit |
2022 |
Tempat Terbit |
Bekasi |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
YONA RAMANDITA. (2022).
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SDN MANGUN JAYA 02 KELAS V DAN VI SELAMA PANDEMI COVID-19(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga
YONA RAMANDITA.
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SDN MANGUN JAYA 02 KELAS V DAN VI SELAMA PANDEMI COVID-19(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2022.Skripsi S1 Keperawatan
YONA RAMANDITA.
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SDN MANGUN JAYA 02 KELAS V DAN VI SELAMA PANDEMI COVID-19(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2022.Skripsi S1 Keperawatan
YONA RAMANDITA.
HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SDN MANGUN JAYA 02 KELAS V DAN VI SELAMA PANDEMI COVID-19(Publish).Bekasi:Prodi S1 Keperawataan STIKes Mitra Keluarga,2022.Skripsi S1 Keperawatan